Skip to main content
Gong Budaya

follow us

My World of Animals, Pengalaman dari Kecil Mencintai Hewan

Judul buku : My World of Animals (Ensiklopedia Hewan Dunia)
Penulis : Alen Nolan Tanoyo
Tebal buku  : 136 halaman
Tahun terbit : 2015
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

My World of Animals Ensiklopedia Hewan Dunia karya Alen Nolan Tanoyo merupakan buku pertamanya yang sangat menarik dan bermanfaat. Pengalaman Alen dari kecil yang mencintai dunia hewan dan bisa dikatakan seorang zoologist cilik atau ilmuwan hewan. Alen sangat kreatif memperkenalkan dunia hewan berbagai belahan dunia yang speciesnya hampir punah. Satwa yang perlu dilindungi seperti orang hutan, komodo, ular sanca

kembang, gajah, panda, merak, monyet, kuda nil, singa, jerapah, harimau, badak, beruang, sipanse, dan masih banyak yang lainnya yang dibagi menjadi 14 zona dan 40 hewan yang dijelaskan secara terperinci. Tiap satwa yang dijabarkan Alen mulai dari jumlah yang ada, ekosistemnya, makanannya, ciri khas yang unik, dan lainnya yang memang sangat dibutuhkan pembaca. Buku ensiklopedia ini sangat menarik terutama di kalangan anak-anak selain penjelasan bahasa yang mudah dipahami kualitas kertas dan warna sangat bagus. Gambar yang disajikan juga sangat mendukung sehingga pembaca yang belum pernah melihat secara langsung dapat mengetahui bentuk hewan yang disuguhkan Alen dalam tulisannya.

Tulisan Alen juga sebagai media mengetahui hewan yang perlu dilindungi karena hampir punah keberadaannya. Ini merupakan dukungan moral kepada masyarakat luas untuk mendukung kelestarian hewan tersebut terutama habitat mereka yang semakin sedikit karena banyak yang dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia terutama menjadi tempat tinggal. Hampir tidak ada kekurangan dari buku ini. Apalagi buku ini juga dilengkapi dengan taksonomi hewan sehingga anak-anak yang membaca mendapatkan ilmu sains yang mendukung untuk pelajaran sains di sekolahnya. Adanya status IUCN yang merupakan organisasi yang meneliti status hewan yang terancam dan hampir punah tersebut.

Susunan tipe makanan hewan yang dikelompokkan oleh Alen juga tergambar dari tulisannya lengkap dan glosarium yang memudahkan untuk lebih memahami istilah yang di pakai Alen namun tidak semua istilah dijabarkan Alen. Untuk pembaca anak-anak di daerah kemungkinan akan kesulitan untuk memahami istilah dari tulisan ini. Hanya dari segi inilah terlihat kekurangan buku karya Alen. (Suyatri).

Suyatri, S.S. biasa dipanggil akrab dengan Yat. Dilahirkan di Padang Siminyak, Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat pada tanggal 24 Agustus 1979. Menempuh jenjang pendidikan S-1 Sastra Indonesia di Universitas Sumatera Utara (USU Medan) tamat tahun 2003. Bekerja sebagai Guru Bahasa Indonesia di SMPN 2 Ujungbatu Rokan Hulu (2004-2012) dan SMPN 1 Pagaran Tapah Darussalam Rokan Hulu (2012-sekarang) Dengan motto hidup “Tantangan akan membawa kebaikan yang menjadi landasan untuk melangkah lebih maju.” Puisi “Jeritan Hati” terbit di Suara USU (1999)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar