Skip to main content
Gong Budaya

follow us

Wisata Konservasi Penyu Di Pulau Karabak Ketek Kab. Pesisir Selatan

Pernahkah anda merasakan sensasi wisata konservasi penyu ? Jika belum wisata korservasi penyu di Pulau Karabak Ketek jawabannya. Pulau Karabak Ketek merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di dalam kawasan gugusan pulau-pulau kecil di Kabupaten Pesisir Selatan. Secara administrasi kawasan Pulau Karabak Ketek masuk wilayah Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, pulau ini berada pada posisi 100°33’14.35” BT dan 1°36’22.85” LS dengan luas daratan 2.44 ha, keliling 0.56 km yang terdiri dari pantai berpasir dan tanah serta dikelilingi oleh oleh hamparan karang dengan luas 15.25 ha dengan kontur pulau yang datar dan pantai yang landai. Di areal bagian timur pulau terdapat Mercusuar Distrik Navigasi yang menempati lahan seluas 1.00 ha. Menara mercu yang berfungsi sebagai rambu pelayan di laut dengan ketinggian menara 44.5 m dan juga terdapat tempat tinggal berupa rumah permanen sarana tempat tinggal penjaga menara mercu suar (Harfiandri Damanhuri, Sept, 2007).

Pulau ini telah ditetapkan sebagai pusat konservasi penyu Sumatera Barat pada awalnya SK penetapannya di keluarkan oleh Bupati Pesisir Selatan pada tahun 2003, yang luas cakupan wilayah konservasi khusus penyu yang ekosistem terkait seluas 730.00 ha dan dilanjutkan penetapan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Penangkaran Penyu di Pulau Karabak Ketek
Pulau Karabak Ketek (kecil) tempat Penangkaran Penyu
 (Foto:pesisirselatankab.go.id)
Sebagai pusat konservasi penyu pertama diwilayah Sumatera Barat, serbagai fasilitas dan infrastruktur telah dibangun sejak tahun 2005-2006. Untuk dapat mencapai lokasi ini kita dapat menaiki mobil pribadi dari Padang langsung menuju Surantih, dengan menyewa sampan boleng bermesin 30 PK dari pantai Surantih kita dapat mencapai pulau dengan waktu tempuh 35 menit dengan kondisi cuaca baik. Sebagai tempat tinggal, kita dapat tidur di rumah-rumah yang sudah disediakan oleh DKP Pesisir Selatan atau tidur dengan hembusan angin laut di pantai lokasi peneluran penyu, dan malamnya pada waktu yang tepat dapat melihat penyu bertelur dan esok siangnya kita dapat melepaskan tukik penyu ke laut langsung kehabitat alaminya. Suatu perjalanan dan petuangan yang menyenangkan dan menakjubkan. Bagi yang berminat untuk satu group kami dapat menfasilitasi, bertualang, belajar dengan pengalaman langsung ke lapangan, dengan kendaraan layak, boat yang aman menuju pulau dan konsumsi yang sehat dan hegenis dengan jumlah peserta pertuangan konservasi penyu 5-7 orang, dengan durasi waktu 2 hari, 1 malam dengan didampingi oleh fasilitator yang spesialis dan berpengalaman di lapangan.
anak penyu hasil penangkaran
Anak hasil penangkaran siap dilepas
Anda tertarik merasakan wisata konservasi penyu ?  bisa kontak Harfiandri via email  d.harfiandri@yahoo.com . Wisata konservasi penyu ini tentu sebuah  perjalanan petualangan yang menarik dan memiliki kesan tersendiri. bertualang di kawasan konservasi penyu Indonesia wilayah barat dengan kegiatan lainnya seperti memancing, berenang, menyelam di permukaan (skin diving), meminum air kelapa bakar, memasak/membakar ikan segar langsung dari laut, memasak dengan tungku kayu dan kegiatan-kegiatan alam lain di tengah pulau  merupakan aktivitas yang melengkapi wisata konservasi penyu di kawasan Pulau karabek Ketek. (Lead : Harfiandri Damanhuri, 12 April 2015)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar