Skip to main content
Gong Budaya

follow us

Beberapa Versi Tentang Kaba Cindua Mato

Cerita rakyat Minangkabau  ada kecenderungan ditemukan beberapa versi seperti halnya dengan kaba Cindua Mato yang sangat kesohor di masyarakat Minangkabau. Ada banyak alasan mengaba kaba Cindua Mato itu hadir dalam beberapa versi, tentu ada banyak sebabnya.  Dalam kaba Cindua Mato, kedua orang tokoh utama Rio Depati dan anaknya Rio Agung Muda disebut dengan nama Tiang Bungkuk dan anaknya Imbang Jayo, yang menyerang Pagaruyung karena keinginan Imbang Jayo untuk mempersunting anak Tuanku Bagindo Rajo Mudo adik Bundo Kandung dari Ranah Sekelawi yang telah bertunangan dengan Dang Tuanku digagalkan oleh Cindua Mato.

Akan tetapi  A. Chaniago Hr,(alm) (Singgalang Minggu, l989) menuturkan bahwa Puti Panjang Rambut juga disebut dengan nama Putri Linduangan Bulan. Ia menikah dengan Bujang Salamat dan lahirlah Raja Sri Mandul, di dalam cerita Raja Muda. Sedangkan dalam kaba Cin dua Mato disebut Puti Tuo dengan gelar Bundo Kanduang. Seperti di dalam cerita Raja Muda, Puti Tuo juga menikah dengan Bujang Salamat yang dituturkan melalui cerita kias memanjat pohon nyiur gading. Sedangkan dalam Ceritera Poyang Prahmata (Curito Poyang Peghahmato) disebut Puti Panjang Rambut yang menikah dengan Hyang Indojati bergelar Anggun Nan Cendai. Adiknya disebut Raja Megat yang jadi Raja Muda di Ranah Sikalawi.

Randai

Menurut Emral Djamal, Cerita Poyang Peghahmato atau pun Kaba Cindua Mato dan cerita Raja Muda merupakan cerita yang mengisahkan mulai suramnya Wangsa Malayu (Malayupura) pada pertengahan abad ke 15. Namun di masa pemerintahan Puti Panjang Rambut masih berhasil dipatahkan suatu penyerbuan yang dilakukan bajak laut Cina yang memisahkan diri dan bergabung dengan kelompok bajak laut lainnya yang berada di Kiu Lang (Pelabuhan Lama Palembang) yang waktu itu dipimpin Ch’en Tsu Yi. Pemimpin besarnya adalah Liang Tau Ming. (Baca selengkapnya: Beberapa Versi Tentang Kaba Cindua Mato: Bagian Dari Tulisan “Kaba dari Pasisie : Anak Bayang Maanta Angin”) (Bd-1)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar