Skip to main content
Gong Budaya

follow us

Eksotisme Alam Di Kawasan Pelabuhan Muara Kota Padang

Keindahan dan pesona alam merupakan salah satu potensi dalam pengembangkan industri wisata. Pesona alam eksotis di berbagai daerah di Indonesia merupakan potensi yang luar biasa dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, khsusunya didaerah mana potensi wisata itu berada. Salah satu potensi wisata alam yang mengangumkan itu adalah pesona alam disekitar kawasan Pelabuhan Muara Padang. Kawasan Pelabuhan Muara Padang sebenarnya kawasan yang tidak terpisahkan dari kawasan wisata sejarah kota tua Kota Padang dan kawasan Wisata Gunung Padang yang terkenal dengan legenda Siti Nurbaya itu.

Mungkin setiap orang yang berkunjung ke kawasan wisata Gunung Padang , kawasan Jembatan Siti Nurbaya selalu menjadi sasaran wisatawan yang ingin menikmati pesona alam di pelabuhan Muara Padang. Memang dikawasan Jembatan Siti Nurbaya kita dapat menikmati pesona alam dan aktivitas Pelabuhan Muara Padang yang terletak dimulut muara Batang Arau yang bermuara di Pantai Padang itu, seraya menyaksikan aktivitas Pelabuhan Muara dan kapal-kapal nelayan dan kapal pesiar sandar disepanjang Kawasan Pelabuhan Muara.

Selain itu, bangunan tua peninggalan Belanda masih terlihat berdiri megah disepanjang Kawasan Pelabuhan Muara dan disisi lain lainnya tampak pula kampung yang masyarakat. Semua itu tampak jelas dari jembatan Siti Nurbaya dengan air Batang Arau yang yang tenang kala pasang naik, dimana kapal-kapal mulai bersiap meninggalkan pelabuhan, terutama kapal-kapal penumpang dan barang menuju Pulau Mentawai. Sedangkan kapal-kapal nelayan siap melaut mengharungi laut sampai jauh kelaut dibalik Pulau Mentawai.

Kapal-kapan ikan dan pesiar merupakan pernik yang mengiasi kecantikan kawasan Pelabuhan Muara Padang yang berdekatan dengan Gunung Padang yang terkenal dengan legenda Siti Nurbaya-nya itu. Berada di atas Jembatan Siti Nurbaya selalu muncul keinginan untuk mengabadikan indahnya alam dan denyut kehidupan pelabuhan. Ketika matahari senja jatuh di mulut muara Batang Arau dan cahayanya berkilau di atas air Batang Arau yang pasang dan tenang, hati terasa enggan beranjak.

Pesona Alam di Kawasan Pelabuhan Muara Padang

Namun ketika berada di Kawasan Pelabuhan Muara, jika ditelusuri kawasan Pelabuhan Muara Padang yang terintegrasi dengan kawasan kota tua, dan kawasan wisata Gunung Padang itu, ada spot-spot menarik dan eksotis yang tersimpan di  kawasan Pelabuhan Muara Padang selain dari Jempatan Siti Nurbaya. Sisi eksotis itu bisa di dapat dari kawasan perbukitan yang membentang disisi Pelabuhan Muara menghadap ke Kota Padang. Pesona alam akan semakin menajubkan , paduan kawasan pelabuhan Muara, Batang Arau, bangunan peninggalan Belanda, kota Padang dari kejauhan disambut dibaliknya oleh laut Pantai Muara. Sementara itu nun di ujung yang jauh terhampar perbukitan dengan awan dilangit yang terkadang menghadirkan rupa warna yang luar biasa.  Rasanya tak ingin berkedip, itulah yang dirasakan saat memang pesona alam dari perbukitan Kawasan Pelabuhan Muara yang tampak tenang dan sejuknya angin berembus.

Kawasan Pelabuhan Muara Padang sampai saat ini masih menjalani aktivitasnya sebagai pelabuhan lokal dan dulunya sangat sibuk dan dari sana kota Padang bermula yang sekarang dikenal dengan kawasan kota tua Padang.  itulah kemudian, kenapa kawasan Pelabuhan Muara Padang dikembangkan sebagai objek wisata yang terintegrasi dengan kawasan kota tua Padang dan kawasan wisata Gunung Padang yang terkenal dengan Legenda Siti Nurbayanya itu. Kawasan gunung Padang yang tembus sampai ke kawasan wisata Air Manis dihubungkan oleh Jembatan Situ Nurbaya yang dirancang sedemikian rupa. Bukan sekedar jembatan penghubung belaka.

Selamat berwisata di kawasan Pelabuhan Muara Padang. (Bd-1)*

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar